Ini Efek Berolahraga dalam Keadaan Lelah

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 10:35 WIB
Ini Efek Berolahraga dalam Keadaan Lelah
Ini Efek Berolahraga dalam Keadaan Lelah
A A A
JAKARTA - Gaya hidup sehat tengah menjadi tren saat ini. Tidak sedikit masyarakat yang rutin melakukan olahraga untuk menjaga kesehatannya, seperti menyempatkan olahraga lari atau gym ditengah kesibukan. Namun, pastikan Anda berolahraga tidak saat tubuh dalam keadaan lelah.

Berolahraga saat tubuh dalam keadaan lelah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir Ehow.

1. Cedera otot
Memaksa tubuh untuk terus berolahraga saat tubuh kelelahan membuat sulit untuk mempertahankan bentuk otot tubuh yang tepat. Akibatnya hal ini bisa meningkatkan ketegangan otot dan membuat otot bekerja terlalu berat. Kebiasaan ini pun menyebabkan seseorang mudah keseleo, kelelahan otot, dan nyeri selama berhari-hari.

2. Terjatuh
Terjatuh menjadi risiko yang paling sering terjadi saat tubuh kelelahan, tapi tetap memaksa untuk berolahraga adalah terjatuh. Biasanya seseorang tidak melihat lubang di jalan saat sedang berlari. Akibatnya muncul memar kecil, patah tulang hingga cedera kepala.

3. Kekurangan oksigen
Berolahraga saat kelelahan membuat sulit untuk bernapas dengan tepat dan tubuh akan kesulitan mendapatkan oksigen. Risiko lainnya adalah nyeri otot dan sensasi ingin pingsan.

4. Over training
American Council on Exercise menjelaskan olahraga saat tubuh merasa lelah bisa menyebabkan masalah kesehatan, di antaranya kemurungan, kesulitan tidur, gangguan siklus menstruasi, peningkatan denyut jantung, dan kelelahan kronis.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)